Thursday 26 July 2012

WHATSAPP

Pada postingan-postingan sebelum saya pernah menulis "APLIKASI-APLIKASI CHAT MESSENGER PADA HP ANDROID, IPHONE, SYMBIAN DAN BB". Mungkin masih ada yg ingat ya, kalo tidak ini saya kasih lg linknya :D http://valcons26.blogspot.com/2012/04/aplikasi-chat-messenger-pada-hp-android.html  
Nah sekarang saya akan membahasnya 1 per 1 secara detil.


WHATSAPP
Whatsapp adalah aplikasi messenger yang mirip dengan Blackberry Messenger (BBM) yang awalnya dibuat untuk iPhone. Sekarang aplikasi ini bisa berjalan di Blackberry, Android dan Symbian. Aplikasi ini memungkinkan HP anda bisa BBM-an dengan BB  Atau chat dengan Iphone, Android, dan sebagainya.

"Sebenarnya ada lima app yang mengadopsi sistem BBM, yaitu Cnectd, Pingchat, pMessenger, Live Profil, dan WhatsApp. Integrasi ke sistem, sistem PIN, stabilitas, fitur dan proses pengembangan, menjadikan WhatsApp yang terbaik untuk kelas ini."

Menurut situs resminya kurang lebih seperti ini :  WhatsApp Messenger sebuah aplikasi mobile messenger yang mendukung multi platform yang bisa menggantikan fungsi SMS dan bekerja menggunakan jaringan koneksi data (internet) yang sudah ada. WhatsApp hingga saat ini mendukung iPhone, BlackBerry, Android dan Symbian S60.
Dengan asumsi para pengguna handphone saat ini memiliki layanan paket data secara permanen, maka bisa dikatakan operasional WhatsApp ini gratis, nggak makan pulsa lain lagi. Maka dari itu, jangan terkecoh dengan iklan yang misal mengatakan bahwa chatting via WhatsApp-an itu gratis… :D

Berikut Beberapa Fitur Dan Kelebihan Dari WhatsApp :

"WhatsApp bukan Aplikasi, tapi lebih mirip patch update Operating System agar memiliki fitur BBM. Disisi lain, WhatsApp mempatch agar BB bisa BBM-an ke HP lain"

1. Not Text Only

WhatsApp memiliki fitur untuk kirim Gambar, Video, Suara, dan Lokasi GPS. via hardware GPS atau Gmaps. Media langsung ditampilkan dan bukan berupa link.



2. Terintegrasi ke dalam sistem
 

WhatsApp layaknya sms, tidak perlu buka applikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk, ringtone, dan getar. Ketika HP sedang off, pesan akan tetap disampaikan ketika jika HP sudah ON



3. Status Pesan.
Fitur favorit  di BBM. Akan ada empat icon yang muncul dan menjelaskan status pesan.

- Jam Merah untuk Proses loading di HP kita
- Tanda Centang jika pesan terkirim ke jaringan
- Tanda centang double jika pesan sudah terkirim ke teman chat.
- Silang merah jika pesan gagal




4. Broadcast dan Group Chat
Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.




CARA KERJA :
 

1. WhatsApp menggunakan jaringan internet di HP (GPRS/EDGE/3G/WIFI)
2. WhatsApp menggunakan Nomor HP pengguna sebagai PIN.
3. WhatsApp akan mentrace kontak secara otomatis di phonebook.


Berikut langkah-langkah menginstal aplikasi Whatsapp di ponsel kita :
1. Terlebih dahulu kita download aplikasi Whatsapp, untuk mendapatkannya aplikasi ini, anda bisa mendownloadnya di sini:
DOWNLOAD -> Whatsapp Android
DOWNLOAD -> Whatsapp Symbian
DOWNLOAD -> Whatsapp Blackberry
DOWNLOAD -> Whatsapp iPhone
2. Masukkan kode negara. Indonesia kodenya (+62) –> +62 adalah pengganti angka 0
3. Masukkan nomor sisanya ( misal : 878 123 456 789)
4. Tunggu verifikasi dan notifikasi dari whatsapp.
5. Selesai. Done !
Nih screenshootnya:

nah ini notifikasi kalo ada WA yang masuk, sistemnya kayak sms juga


SS yang pertama, dengan tanda centang 2 itu artinya pesan chat kita udah terkirim ke hape temen chat kita tersebut.
SS yang kedua, centangnya ada 1 itu berarti pesan kita baru nyampe ke jaringan, belum nyampe ke hape temen .
SS yang ketiga, gambar jam merah itu artinya proses loading di hape kita, biasanya sih bisa jadi karna gprs di hape lagi ngadat .
SS ke empat untuk contoh pengiriman gambar.


kalo SS diatas itu, SS pertama itu list chatnya sedangkan SS yang kedua itu list favorite yang sinkron ama kontak HP, jadi bagi siapa aja kontak kalian yang ngegunain aplikasi ini, bisa langsung ke detect sama Whatsapp, karna sistemnya whatsapp menggunakan PIN nomer hape dengan memakai kode negara masing-masing


Berikut adalah pembeda Whatsapp dengan messengger lain :
1. Saat registrasi, tidak membutuhkan data nama dsb, karena pada awal instalasi kita hanya diminta untuk memasukkan nomer handphone. Nomer hp kita ini lah yang nantinya jadi identitas id kita di WhatsApp (mungkin semacam PIN BB pada BlackBerry Messenger/BBM). Apabila nomer HP kita belum ada di daftar phonebook seorang teman kita, dan kita mengirim sebuah message kepadanya, maka nomer HP kita itu yang nantinya muncul sebagai ID. Persis seperti SMS.
2. WhatsApp friend list otomatis load dari daftar phonebook kita. Teman-teman kita yang sudah menginstall WhatsApp otomatis akan terdaftar di daftar teman pada aplikasi WhatsApp.
3. Tidak perlu sistem login seperti di aplikasi chat lain seperti Y! messenger atau Gtalk.
4. Penggunaan persis seperti SMS, tinggal ketik dan kirim, dan ada notifikasi mulai dari “mengirim” – “terkirim” dan “diterima” yang bisa dilihat dari jumlah icon centang di setiap pesan yang dikirim.
5. Untuk bertukar / share gambar – audio atau file lain juga terbilang lebih praktis dibanding aplikasi messenger lain.
6. Ada chat-log (atau chat history) yang tersimpan selama kita belum memutuskan menghapusnya. Konsekuensinya sih nyedot memori hp, tapi bisa di-back’up dengan mudah dengan cara mengirim chat-log tersebut ke email.
Nah, di sisi lain, karena menggunakan nomer HP sebagai identitas di WhatsApp ini, gak sedikit juga orang menganggap bahwa urusan privacy jadi kurang. Ya tergantung bagaimana kita melihatnya sih, kalau menurut saya sih privacy saya tidak merasa dilanggar. :) Anggap saja bila kita siap berbagi “akun WhatsApp” itu sama halnya dengan berbagi nomer HP. Sejauh ini sih saya menggunakan WhatsApp kepada orang-orang yang memang sudah ada di daftar phonebook, bukan untuk disebar-luaskan. :D
Namun, buat semua yang merasa memang risih dengan masalah privacy nomer HP, bisa dicoba tips untuk menggunakan WhatsApp tanpa harus bagi-bagi no HP. Oh ya, untuk keabsahannya belum bisa dipastikan 100% ya! :D
> Cabut nomor HP primary, pasang nomor yang lain, register di WhatsApp kemudian ganti lagi ke nomor primary. Nah, yang terdaftar di WhatsApp adalah nomer lain tsb. Resikonya, teman-teman kita pastinya tidak mengetahui bahwa kita menginstall WhatsApp. :)


Yahh itulah WhatsApp, semoga postingan kali ini berguna bagi yang tidak punya Blackberry tetapi tetap ingin BBM an . terima kasih karena telah membaca.
untuk aplikasi-aplikasi chat messenger lainnya akan di posting di lain waktu

No comments:

Post a Comment