Tuesday 20 March 2012

MICRO SD

Apa sih pentingnya class pada microSD??

microSD merupakan sebuah format kartu memori flash yang berfungsi untuk menyimpan data pada portabel device. dulu ada juga yang namanya MMC (Multi Media Card) tapi dari segi keamanan, lebih bagus microSD(Secure Digital) dan ukurannya lebih tebal dibanding MMC.

Jika aplikasi yang dijalankan melalui microSD maka HP akan sering akses microSD, jika speednya rendah maka proses read & write nya akan terasa sangat lama. Pembagian class menunjukkan kecepatan yang bisa dilalui saat transfer data.
Class
Minimum Speed
2
2MB/s
4
4MB/s
6
6MB/s
8
8MB/s
10
10MB/s
Biasanya kalau beli HP pasti sudah included microSD class 2, karena class yang paling minimum dan harganya pun murah (bisa dibilang bonus beli HP). Jadi semakin tinggi class microSD kita maka semakin cepat juga proses read&write aplikasinya. Apalagi kalau misal kita menggunakan app 2 sd (instal aplikasi di sd card), sudah pasti kita membutuhkan microsd kecepatan tinggi.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah saat Aplikasi (apps) diinstalasikan di SD card atau dipindahkan ke SD card. Umumnya, aplikasi akan melakukan proses loading lebih lama. Apabila hal ini terjadi hanya di awal aplikasi dijalankan, mungkin tidak menjadi masalah. Akan tetapi, pada saat menjalankan game, terutama yang berukuran besar, hal ini bisa menjadi masalah. Dalam kondisi tersebut, game akan melakukan loading dari SD card berulang-ulang, terutama saat pergantian scene.



Sebagai informasi, kecepatan tulis ini juga dipengaruhi oleh media perantara antara SD card dengan perangkat digital yang digunakan. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin mentransfer file dari komputer ke micro SD class 4 yang berada di handphone Anda menggunakan kabel data, maka kualitas kabel data yang digunakan juga berpengaruh terhadap kecepatan tulisnya. Walaupun SD card memiliki kecepatan tulis tinggi, namun kalau kabel data yang digunakan kualitasnya buruk, maka kecepatan tulisnya bisa saja bahkan kemungkinan besar dibawah 4 MB/s.

Bagaimana mengetahui class SD card?
Cara mengetahui class SD card yang dijual. Informasi class SD card biasa dituliskan pada kotak penjualan dan juga di badan SD card itu. Informasi Class SD card adalah angka di dalam huruf C yang hampir berbentuk seperti lingkaran. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh gambar lambang SD card class 6 dibawah. Bila SD card class 10, maka angka yang tertera adalah angka 10.
pengertian sd card class
Lambang SD Card Class 6
SD card class 2 pada umumnya tidak dituliskan class-nya. Sehingga bila anda tidak menemukan lambang class SD card seperti gambar diatas, maka kemungkinan SD card tersebut adalah SD card class 2 atau kecepatan tulisnya belum ditentukan atau terstandarisasi.
Sebagai informasi, SD card class 2 walau memiliki kecepatan tulis (write speed) kurang cepat, namun bisa saja memiliki kecepatan baca (read speed) yang tinggi, hingga 15 MB/s lebih. Oleh karena itu, banyak pengguna handphone yang sebelumnya menggunakan micro SD class 2 lalu membeli micro SD class 6 tidak terlalu merasakan perbedaan performa handphonenya, karena bisa saja antara SD card class 6 dengan SD card yang memiliki class dibawahnya memiliki kecepatan baca yang tidak terlalu berbeda.
Kecepatan baca berguna saat perangkat digital sedang membaca file atau data-data yang tersimpan di SD card, misalnya saat Anda melihat-lihat gambar yang tersimpan di SD card menggunakan handphone. Bila kecepatan SD card memiliki kecepatan baca rendah, maka pada saat melihat-lihat foto yang tersimpan, proses loading menjadi lebih lama atau lambat.

ada yg ingin menambahkan ?
silahkan komen aja di bawah ya.. :D

No comments:

Post a Comment